Bupati Sambas Orang Pertama Suntik Vaksin Covid-19

Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili, Lc, MH menjadi orang pertama yang siap di vaksin covid 19 di Kabupaten Sambas. Ungkapan ini diucapkannya saat membuka Pencanangan Vaksinasi covid-19 Kabupaten Sambas tahun 2021 Selasa, 2 Februari 2021 di Aula Kantor Bupati Sambas. Perlu diketahui bahwa Salah satu cara yang dilakukan Pemerintah Pusat maupun daerah untuk mengurangi penekanan penyebaran Covid 19 adalah dengan melakukan vaksinasi terhadap seluruh masyarakat tanpa terkecuali Kabupaten Sambas. Selain Bupati Sambas tampak hadir juga dalam pencanangan ini Wakil Bupati Sambas Hj. Hairiah, SH,MH, Sekda Kabupaten Sambas, Kepala OPD, DPRD Kab. Sambas serta Forkopimda dilingkungan Pemda Kabupaten Sambas.

Vaksin covid 19 jenis Sinovac yang bernama coronavac  dengan dosis 0,5 ML ini akan disuntikan kepada seluruh pejabat yang hadir dalam pencanangan Vaksinasi covid-19 dilakukan melalui proses pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Adapun proses yang dijalani dimulai dari pendaptaran, Skrining atau Pemeriksaan Kesehatan, lanjut Vacsinasi, kemudian istirahat di ruang observasi selama 30 menit untuk melihat gejala yang mungkin ditimbulkan dari vaksin, dan diakhiri dengan pencatatan hasil vaksinasi.

Karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan protocol kesehatan sehingga terus meningkatnya kasus covid 19 di kabupaten Sambas, maka dari itu Bupati  Sambas H. Atbah Romin Suhaili, Lc, MH menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sambas untuk siap menerima vaksin covid 19.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas Dr. Fatah Maryunani berpesan kepada seluruh masyarakat yang nantinya akan di vaksin agar tidak takut menerima vaksin covid 19 dikarenakan sebelum divaksin akan menjalani beberapa pemeriksaan.

Saat diwawancara usai divaksin, Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili, Lc, MH menyampaikan bahwa tidak ada gejala yang dialaminya serta berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tetap mengikuti protocol kesehatan apabila nantinya sudah di vaksin. Hal senada yang juga diungkapkan oleh wakil Bupati Sambas seusai divaksin, Hairiah menuturkan bahwa dirinya yang merupakan orang perempuan pertama di kabupaten Sambas yang menerima Vaksin mendorong kepada kaum wanita untuk berani di vaksin karena tetap mengacu pada standar pemeriksaan kesehatan.

Setelah Bupati dan wakil Bupati Sambas, orang selanjutnya yang mendapat suntikan vaksin covid 19 adalah Kapolres Sambas, Dandim 1208 Sambas serta dilanjutkan dengan beberapa pejabat yang telah melewati standar pemeriksaan kesehatan.

Vaksinasi yang dilakukan di aula kantor Bupati Sambas ini merupakan tahap pertama, kedepan akan dilanjutkan ditahap kedua dengan dosis yang sama 0,5 ML pada tanggal 16 Februari 2021.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top