Bimtek PPDI, Pentingnya Pengelolaan PPID Desa

Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Sambas bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Sistem Informasi Desa dalam bentuk Portal Desa berbasis web.  Kegiatan yang berlangsung di Hotel Swiss Bellin Singkawang 4 Februari 2020 dihadiri oleh seluruh perangkat Desa tanpa terkecuali Kepala Desa se Kabupaten Sambas. dibuka langsung perwakilan Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sambas Wiwin Supriadi, acara dimulai kamis pagi dengan peserta yang yang dibagi dalam dua kelas berjumlah 166 orang dari 18 Kecamatan se kabupaten Sambas.

Tujuan dilaksanakan kegiatan Bimbingan teknis Pengelolaan system informasi Desa adalah guna memberikan ilmu kepada perangkat desa dalam mengelola portal desa yang berbasis web di setiap desa di kabupaten Sambas serta mampu mengemas naskah-naskah di media internal Desa menjadi jauh lebih menarik, baik itu naskah berita, artikel, feature, ataupun tulisan laporan. sebagai pemateri dalam kegiatan Bimbingan teknis ini menghadirkan Narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sambas yang terbagi dalam dua kategori  pendalaman materi.

Untuk materi yang pertama bertemakan tentang tata cara penulisan artikel dan informasi desa atau yang lebih spesifiknya yaitu berkaitan dengan jurnalistik, narasumber yang hadir dari Dinas Kominfo kabupaten Sambas adalah dari Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Ilham Jamaluddin, S.Sos . Dimana sebelum memberikan materi tentang jurnalistik, Ilham Jamaludin juga menyisipkan informasi yang berkaitan dengan pengelolaan PPID di Kabupaten Sambas sampai disetiap kecamatan dan Desa. Ilham menekankan pentingnya pengelolaan PPID nantinya disetiap desa agar dalam penyampaian informasi dari Pemerintah Pusat dan kabupaten dapat diterima dengan baik sampai masyarakat di setiap Desa. Selanjutnya dalam penyampaian materi teknis penulisan Berita narasumber memberikan materi langsung bersifat teknis baik itu dari segi penulisan, etika penulisan serta pembahasan unsur-unsur yang terkait dengan penulisan berita.

Sedangkan materi yang kedua yaitu tata cara pengoperasian portal desa  atau system informasi Desa menghadirkan Narasumber dari Bidang Penyelenggaraan Egovernment yang dipimpin oleh Hairuddin, S.Kom, M.Si selaku Kasi Infrastruktur dan teknologi.

Dari pelatihan ini diharapkan kepada seluruh perangkat Desa serta kepala Desa mendapatkan bekal dalam mengelola portal Desa serta dapat mengimplementasikan ilmu yang di dapat saat mengikuti pelatihan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top