Tingkatkan Pelayanan, Pemda Sambas Hibahkan Tanah dan Bangunan

Bertempat di ruang Bupati Kabupaten Sambas berlangsung acara Penandatanganan naskah Perjanjian Hibah Daerah dan berita acara serah terima aset Pemkab Sambas  kepada Kementerian Keuangan RI melalui kantor pengawasan dan pelayanan Bea dan cukai tipe Madya Pabean C Sintete, Rabu 24 Februari 2021. Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili, Lc, MH langsung andil dalam proses Penandatanganan naskah perjanjian Hibah ini. Hadir juga menyaksikan proses Hibah antara Pemerintah Daerah kabupaten Sambas dengan Bea Cukai adalah Sekda Kabupaten Sambas,  Perwakilan Keuangan RI, Kepala Kanwil Bea Cukai beserta Staf, Kepala Bakueda Kabupaten Sambas serta Inspektur Kabupaten Sambas.

Kepala BAKUEDA Kab. Sambas Rachmad Robbi, SE, ME mengatakan  bahwa penandatangan naskah perjanjian Hibah Daerah ini adalah berupa  Hibah sebidang tanah seluas 13.000M2 serta 2 bangunan yang memiliki luas 600 M2 dan 200 M2. Robbi juga mengatakan bahwa Proses ini sudah dimulai pada tahun 2020 dan Bupati sudah mengeluarkan SK penyerahan persetujuan Hibah di bulan September  2020. Berharap asset yang diserahkan ini dapat bermanfaat untuk pengawasan di Border Aruk Sajingan Besar.

Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili, Lc, MH mengatakan bahwa apa yang dilakukan Pemerintah Daerah adalah dalam rangka pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik terutama di Daerah Perbatasan Aruk Sajingan Besar.

“Apa yang dihibahkan mudah-mudahan menjadi manfaat bagi apa yang dirasakan bea cukai itu sendiri dan bahkan Masyarakat di kabupaten Sambas”. terang Atbah.

Selain itu Atbah juga berharap kepada bea cukai untuk dapat menghibahkan bangunan yang dimiliki untuk Kabupaten Sambas salah satunya adalah Bangunan yang terdapat di dekat  RSUD Sambas dan Lapangan Tenis Kampong Lorong Sambas. Dengan adanya kerjasama ini Atbah menginginkan semoga dapat berjalan dengan baik dan kedepan segala upaya dalam menghadirkan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat berupa kerjasama akan terus berlanjut.  

Kepala Bea Cukai Kanwil  Provinsi Kalbar Farid Bachtiar  merasa senang dengan adanya dukungan dari pemerintah daerah Kabupaten Sambas untuk kelancaran optimalisasi pelaksanaan tugas diperbatasan  serta berharap agar kerjasama bisa terus terjalin dengan baik. ia juga menambahkan dengan dihibahkannya tanah dan bangunan di Perbatasan Aruk Sajingan Besar, dapat memonitoring keluar masuknya barang terlarang serta meningkatkan perekonomian didaerah perbatasan.

Perwakilan Keuangan RI Mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Sambas, karena dukungan yang diberikan untuk mempercepat pembangunan didaerah perbatasan terutama Aruk Sajingan Besar. Mengatakan apabila terdapat asset pemerintah pusat yang dibutuhkan pemerintah daerah Kab. Sambas, untuk segera diperbincangkan, karena satu satu tugas BKN memberikan kontribusi asset Negara kepada Rakyat. Menambahkan dalam mengatasi permasalahan serta meningkatkan  mensejahteraan rakyat diperlukan sinergi  kerjasama antara pemerintah daerah dengan seluruh masyarakat.

Diakhir kegiatan dilakukan penandatanganan naskah perjanjian antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas yang diwakilkan oleh Bupati Sambas dengan Bea Cukai Kanwil Provinsi Kalimantan Barat yang disaksikan oleh Sekda Kabupaten Sambas Ir. H. Fery Madagaskar serta perwakilan Keuangan RI.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top