Kedatangan Jenazah PMI dari Malaysia

Wakil Bupati Sambas Hj. Hairiah, SH, MH didampingi Badan perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Kepala Desa Mekar jaya, Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) dan unsur terkait menerima kepulangan jenazah Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Serawak Malaysia di PLBN Aruk Kecamatan Sajingan besar, Rabu 24 Februari 2021.

Serikat Buruh Migran Indonesia Sunardi saat mendampingi kepulangan Jenazah ke Indonesia mengatakan bahea PMI Asal Desa Mekar Jaya bernama Sukardi yang meninggal di Serawak Malaysia kronologisnya meninggal pada tanggal 16 Februari dikarenakan sakit saat dibawa kerumah sakit Kuching Serawak Malaysia. Dalam proses pemulangan ke Indonesia, Jenazah Sukardi medapatkan hambatan yaitu dalam proses administrasi. Maka dari itu, dengan dibantu oleh Konsulat Jendral RI yang ada di Kuching Pemulangan Jenazah Sukardi Ke Kabupaten Sambas dapat terlaksana melalui Border Aruk Sajingan Besar.

Wakil Bupati Sambas Hairiah, SH, MH yang di dampingi Istri Almarhum mengucapkan belasungkawa yang sebesar-besarnya atas meninggalnya Sukardi. Hairiah juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak diantaranya BP2MI, PLBN Aruk, Bea Cukai serta kepala Desa Mekar Jaya yang hadir dalam penjemputan Jenazah. Hairiah dalam kesempatan tersebut mengatakan hal ini dilakukan adalah sebagai kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas dan juga berharap mudah-mudahan masalah yang berkenaan dengan PMI bisa diatasi dan tanggulangi secara bersama.

Kepala Desa Mekar Jaya Azim mengatakan bahwa pada saat mendengar berita meninggalnya Sukardi asal Desa Mekar Jaya dirinya langsung berkomunikasi dengan kerabat yang ada di Bintulu Malaysia. Seperti yang disampaikan SBMI, Azim juga menjelaskan hambatan yang diterima saat mengurus kepulangan jenazah yang diantaranya berkaitan dengan administrasi dan berkenaan dengan hari libur. Diakhir sambutannya Azim yang juga keluarga dari Almarhum Sukardi mengucapkan terima kasih Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas yang peduli dalam membantu proses pemulangan Jenazah ke kabupaten Sambas.

Saat Jenazah Sukardi sampai di Border Aruk Sajingan yang dibawa oleh Ambulance dari Rumah Sakit di Kuching, Wakil Bupati Sambas Hj. Hairiah langsung mengecek administrasi Jenazah baik berupa Pasport sampai dengan surat keterangan meninggalnya Almarhum di rumah Sakit di Kuching Malaysia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top