PUSDIKLATCAB Sambas Gelar Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) 2020

Gerakan pramuka merupakan pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda d Indonesia. Anggota muda gerakan pramuka terdiri atas pramuka siaga, penggalang, penegak dan pandegayang berkedudukan sebagai peserta didik. Berkenaan dengan hal tersebut  PUSDIKLATCAB Sambas mengadakan Kursus Pembina mahir tingkat dasar (KMD) 2020 di Sekretariat Kwarcab Sambas. Waktu pelaksanaan dari tanggal 26-31 Oktober 2020 dengan Peserta berjumlah 39 orang yang terdiri dari Penggalang 4 orang, Penegak 35 orang yang mana 30 orang diantaranya adalah warga binaan rutan Sambas. Hadir membuka acara kursus Pjs Bupati Sambas Dr. Syarif Kamaruzaman, M.Si, Ketua dan wakil ketua Kwarcab beserta andalan cabang sambas,  Kepala Pusdiklatcab beserta Pelatih, ketua pimpinan saka tingkat cabang sambas, serta para peserta kursus Pembina mahir tahun 2020.

Panitia penyelenggara kegiatan dalam laporannya menyampaikan bahwa kursus dilaksanakan dengan menggunakan berbagai macam metode berupa dari dan luring diantaranya menggunakan aplikasi zoom meeting, google classroom, google meet, whatapp serta aplikasi android lainnya.

Pjs Bupati Sambas Dr. Syarif Kamaruzaman dalam sambutannya berharap semoga para peserta kursus Pembina pramuka mahir tingkat dasar (KMD) kwarcab sambas tahun 2020 dapat mengembangkan ilmu kepramukaannya dan menjadi Pembina pramuka di masing-masing gugus depan.  Syarif juga menjabarkan bahwa KMD yang dilakukan mempunyai standar kompetensi dengan harapan setelah selesai kursus peserta mampu menjadi Pembina pramuka dengan menggunakan metode kepramukaan yang menghasilkan pramuka yang berkarakter.

Kursus yang berlangsung dari tanggal 26-31 oktober 2020 ini dimulai dengan melaksanakan upacara seremonial oleh seluruh peserta yang hadir serta pemasangan kartu tanda peserta secara simbolik oleh Pjs Bupati Sambas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top