Menhub Monitoring Penanganan Covid-19 Terhadap PMI di Aruk

Mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, dan Wakil Gubernur Kalbar melakukan kunjungan di Pos Lintas Batas (PLBN) Aruk, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Minggu (19/9/2021). Tujuan kedatangan Menteri Perhubungan bersama Ketua Komisi V DPR RI adalah dalam rangka memonitoring penanganan Covid-19  di daerah Perbatasan terutama kepada para pekerja Migran yang akan melintas di Border aruk Sajingan besar.

Kedatangan Mentri Perhubungan menggunakan dua unit helikopter yang mendarat di Jalan Raya Sajingan Besar disambut oleh Bupati Sambas, H Satono S.sos I M.H disampingi Wakil Bupati Fahrur Rofi bersama forkopimda kabupaten Sambas serta kepala OPD dilingkungan Pemda kabupaten Sambas.

Dandim 1208/Sambas Letkol INF Setyo Budiyono menjelaskan didepan menteri perhubungan memberikan gambaran tentang bagaimana penangan TNI yang melewati Perbatasan Aruk dalam rangka pencegahan Covid-19. Ia juga menggambarkan pelaksanaan karantina di PMI PLBN Aruk menyiapkan 5 tempat karantina negatif maupun positif.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati Sambas, H. Satono menyampaikan sedikit terkait kekurangan sarana dan prasarana terutama kamar yang terbatas, alat pcr, dan air bersih.

Bupati Sambas itu juga mengusulkan agar dalam kunjungan kerja ini Mentri Perhubungan bersama Komisi V DPRD dapat membantu memfasilitasi pembangunan terutama rumah susun bagi ASN dan dapat digunakan sebagai tempat isolasi bagi PMI maupun masyarakat yang terpapar Covid-19.

Kemudian Satono juga meminta serta berharap agar Stok vaksin yang dikirim ke Kabupaten Sambas lebih banyak guna mendukung program  Terget percepatan vaksin Nasional. Satono juga menuturkan bahwa menurutnya wilayah Sambas menjadi urutan kedua terbesar setelah kota Pontianak dibandingkan wilayah lain. Hal itulah menjadi penyebab kurangnya cakupan vaksinasi yang dilakukan satgas Covid-19.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top