Tingkatkan Pendidikan Literasi Penyandang Disabilitas Sensorik Netra

Bertujuan untuk meningkatkan pendidikan literasiĀ  penyandang disabilitas sensorik netra melalui literasi braile, Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Sambas menggelar Kegiatan Pelatihan Pendidikan Keaksaraan Tuna netra. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari dengan Tema Peran Dunia Pendidikan dalam mewujudkan Penuntasan Buta Aksara Khususnya terhadap Penyandang Disabilitas yang ada di Kabupaten Sambas berlangsung di Balairung Sari Sambas Rabu 2 Juni 2021. Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili, Lc, MH didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Sambas yang juga Bunda Baca Hj. Lusyanah Kosasih membuka kegiatan secara langsung yang dihadiri juga oleh narasumber dari dari ikatan Tuna netra Muslim Indonesia maupun Pegiat Literasi Brailed an sekretari s Dinas Sosial dan PMD kab. Sambas serta para peserta Tuna netra di kabupaten Sambas.

Dengan kegiatan pendidikan Literasi ini diharapkan dapat berinovasi dengan memproduksi literasi dalam bentuk lain yang positif sesuai dengan kemampuan penyandang disabilitas tuna netra. Selain itu tujuan lain dilaksanakannya kegiatan ini dapat menggugah masyarakat sekitar untuk dapat membantu penyandang disabilitas dalam mengakses informasi dan bacaan braile sehingga daya mutu dan daya saing pendidikan masyarakat semakin baik.

Ketua TP PKK Kabupaten Sambas Hj. Lusyanah Kosasih berharap kepada peserta yang ikut dalam pelatihan ini untuk dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya serta dapat menularkan ilmu yang didapat kepada masyarakat lain yang membutuhkan. Kosasih juga menuturkan dalam kegiatan ini tidak hanya berkaitan dengan pemahaman literasi dalam membaca alquran saja , namun juga akan mempelajari pemahaman tentang dasar ilmu agama. Kepada para narasumber yang diantaranya Ikatan Tuna netra Muslim Indonesia kedepannya kosasih berharap dapat terus menjalin kerjasama dengan pemerintah agar kegiatan ini dapat terus berjalan.

Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili, Lc, MH dalam sambutannya mengatakan rasa bangga terhadap peserta yang mengikuti kegiatan ini yang akan menjadi bekal untuk di dunia dan akhirat. Atbah berharap denganĀ  waktu pelatihan yang singkat ini, ilmu yang diperoleh benar-benar dimanfaatkan dengan baik dan menjadi bekal sehingga bisa membaca alquran.

Setelah membuka kegiatan, bupati sambas bersama ketua TP PKK dan undangan lainnya yang hadir melakukan sesi poto bersama dengan seluruh peserta kegiatan pelatihan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top