Sambas Raih IGA 2020 Sangat Inovatif Kemendagri

Bupati Sambas, H. Atbah Romin Suhaili, Lc., MH menerima penghargaan dari pemerintah pusat. Adalah Innovative Government Award (IGA) tahun 2020. Yakni penghargaan yang digagas Kementerian Dalam Negeri berupa lomba inovasi pemerintahan dan menjadi gelaran rutin tiap tahun. Di tahun 2020, program kinerja Pemerintah Kab Sambas mendapat apresiasi penuh dari Kementerian Dalam Negeri RI atas beberapa inovasi yang telah disampaikan ke tim penilaian kemendagri.

Penghargaan diserahkan langsung ke Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH oleh Kepala Badan Litbang Kemendagri Ahmad Fatoni dan disaksikan Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori di Jakarta, Jumat 18 Desember 2020. Penyerahan penghargaan dan piagam IGA 2020 dilakukan sesuai protokol kesehatan.

Dikarenakan jumlah daerah yang mendapat apresiasi dari Kemendagri berjumlah ratusan mulai dari pemerintah provinsi, kabupaten hingga kota, seremonial dibagi menjadi empat sesi. Kabupaten Sambas mendapat penghargaan dengan Kategori Sangat inovatif.

Pemerintah Kabupaten Sambas, berada diurutan nomor 8 untuk kategori pemerintah kabupaten pada sesi pertama. Selain Kab Sambas, di Kalbar hanya beberapa daerah yang dinilai Kemendagri layak menerima penghargaan IGA 2020. Yakni Kabupaten Sambas, Kuburaya, Sanggau, Kota Singkawang dan Sekadau.

Bupati Sambas, menyampaikan rasa sukacita atas diterimanya penghargaan itu. Atbah mengatakan capaian tersebut menegaskan apa yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Sambas berada dikoridor yang benar. Kab. Sambas mempunyai potensi yang sama dengan daerah lain untuk menjadi daerah yang inovatif, terinovatif dan sangat inovatif.

Atbah menambahkan  masih banyak potensi yang dapat dikembangkan, dicapai sebagai target inovasi berikutnya. Dia berharap, sinergitas antara pemda dan seluruh komponen masyarakat kab sambas, membuahkan hasil berupa inovasi baru yang bermanfaat bagi semua kalangan dan lapisan masyarakat

Ada 18 inovasi yang disampaikan pemda kab sambas ke Kemendagri. Diantaranya 5 inovasi berhubungan dengan penanganan Covid 19 tatanan normal baru dan 14 inovasi daerah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top