Optimalisasi PPID Desa Sejiram & Inovasi Daerah

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sambas bersama dengan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sambas melakukan kunjungan  ke Kantor Desa Sejiram Kecamatan Tebas dalam rangka penguatan Pelaksanaan PPID Desa sebagai implementasi keterbukaan informasi publik dan penguatan inovasi daerah melalui program insanak. Kegiatan yang dilaksanakan Di Kantor Desa Sejiram Kecamatan Tebas pada hari senin (26.07.2021) dihadiri oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas Sosial dan PMD beserta Staf, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kab. Sambas beserta Staf, Kepala Desa Sejiram beserta jajaran dan Pendamping Desa.

Kepala Desa Sejiram Hemdi menyambut baik dan apresasi terhadap kegiatan ini dalam memberikan penguatan kepada Desa Sejiram sebagai persiapan bagi Desa Sejiram dalam mengikuti Penilaian Keterbukaan Informasi Publik sebagai salah satu desa yang mewakili Kalimantan Barat dan lomba inovasi daerah.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Wiwin Supriadi mengharapkan dukungan dari Dinas Kominfo Kabupaten Sambas terkait pemanfaatan aplikasi insanak untuk sebagai inisiator inovasi daerah dalam bidang layanan internet.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi publik Ilham Jamaludin S.Sos, megatakan pelaksanaan PPID Desa tidak jauh berbeda dengan PPID di tingkat kabupaten sehingga secara SOP dan Administrasi hampir sama. Ilham Juga mengatakan tujuan PPID Desa adalah untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh informasi sehingga dapat memangkas proses pelayanan informasi kepada masyarakat.

Ilham berharap PPID Desa Sejiram dapat memberikan pelatihan kepada petugas PPID agar pelaksanaan PPID Desa Sejiram dapat berjalan optimal. Selain itu Ilham Jamaludin juga berharap dengan terpilihnya Desa Sejiram sebagai salah satu wakil dari provinsi Kalimantan Barat dalam penilaian Keterbukaan Informasi Publik dapat menjadi contoh dan pilot project dalam mengoptimalkan pelaksanaan PPID Desa Di Kabupaten Sambas.

Dalam kegiatan ini juga Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sambas dan Dinas Sosial dan PMD Kabupaten Sambas memberikan dukungan BUMDES Desa Sejiram yang berinovasi melalui aplikasi insanak sebagai unit usaha yang bergerak dibidang layanan internet perorangan, layanan internet pedesaaan dan layanan internet SOHO.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top