Wabup Sambas Apresiasi Adat Budaya Desa Pusaka

Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi terkesima dengan Adat Budaya yang masih terjaga Lestari di Desa Pusaka Kecamatan Tebas seiring dengan perkembangan zaman yang semakin meningkat ini. Hal ini diungkapkannya saat menghadiri acara silaturrahmi adat Budaya bersama Ketua MABM Kabupaten Sambas di Desa Pusaka Jumat malam 16 Juli 2021.

Fahrur Rofi dalam sambutannya mengatakan bahwa Budaya bukan hanya untuk kehidupan social, tetapi kepada sector ekonomi dan keimanan. Hal ini juga diungkapkannya sesuai dengan visi misi yang diusung dari sambas berkemajuan.

 “Aspek budaya tak hanya untuk kehidupan sosial. Ada sektor ekonomi dan aspek keimanan,” ujarnya.

“Sesuai visi misi Satono-Rofi. Ketika kita bicara iman, bicara agama di Sambas 87 persen umat Islam suku Melayu. Jadi  budaya itu adalah adat bersendikan syara’, syara’ bersendikan kitabullah,” tambahnya.

Berkenaan dengan itu, Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi ingin menjadikan zikir najam atau zikir maulud sebagai kegiatan rutin tahunan berbentuk musabaqah zikir. Menurutnya, perlombaan itu bisa menjadi ajang pelestarian budaya warisan bagi masyarakat melayu Kabupaten Sambas.

“Potensi budaya kita sangat luar biasa. Ke depan, kita akan bangkitkan. Saya pastikan musabaqah zikir najam skala kabupaten akan direalisasikan,” katanya.

Zikir najam kata dia, adalah budaya yang penting sekali untuk dilestarikan. Selain itu, merdunya zikir khas Melayu itu, dianggap sangat luar biasa sekali sehingga bisa menarik perhatian wisatawan nantinya.

“Kemerduan zikir najam itu luar biasa, itu adalah sesuatu yang spektakuler. Wisatawan pasti ingin melihatnya langsung jika ada musabaqah. Ke depan pasti kita anggarkan untuk kegiatan skala kabupaten,” katanya.

Berkaitan dengan Budaya dikabupaten Sambas ini menjadi kerisauan dirinya yang semakin hari semakin terkuras terutama dalam penggunaan bahasa melayu sambas. Rofi berharap kepada masyarakat kabupaten Sambas kepada stakeholder terkait terutama Dinas Pendidikan untuk dapat kiranya menjadi mata pelajaran di sekolah-sekolah.

“ kita punya martabat bahasa yang lebih tinggi dari bahasa yang lain. Kedepan kita perlu sosialisasikan untuk dapat dirancang menjadikan adat budaya sambas dalam pelajaran muatan local disekolah-sekolah. “ tegas nya.

Dari segi ekonomi, Budaya tegas rofi juga dapat menambah potensi perekonomian di kabupaten Sambas. dirinya mencontohkan bagaimana mengemas Zikir nazam yang ditampilkan sehingga orang luar tertarik untuk menyaksikan dan datang langsung ke kabupaten Sambas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top