Tahap Akhir Pilkada, KPU Sambas Gelar FGD

Walaupun pelaksanaan tahapan pilkada telah berakhir, namun KPU Kabupaten Sambas masih terus menggelar kegiatan evaluasi pelaksanaan Pilkada 2020. Sebagaimana diketahui bahwa sebelumnya evaluasi Pilkada Kabupaten Sambas telah dilakukan secara internal penyelenggara pemilihan dan kini guna menyempurnakan evaluasi tersebut maka KPU Kabupaten Sambas melakukan evaluasi dengan melibatkan pihak eksternal/stakeholders.

Bertempat di Hotel Pantura Jaya Sambas, pada hari Rabu 10 Februari 2021 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sambas menggelar Focus Group Discussion (FGD) guna menghasilkan sebuah gagasan atau ide terkait pelaksanaan pilkada Kabupaten Sambas tahun 2020 yang juga merupakan rangkaian tahapan akhir Pilkada Kabupaten Sambas tahun 2020. Kegiatan FGD merupakan tindak lanjut dari intruksi KPU RI kepada KPU Kabupaten Kota untuk menyelenggarakan Evaluasi pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020. Acara yang dihadiri Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Sambas juga dihadiri unsur-unsur lain terkait penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Sambas serta para OPD dan Forkopimda dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Ketua KPU Kabupaten Sambas Sudarmi, S.Pd  mengatakan bahwa pada FGD yang dilakukan kali ini merupakan evaluasi dari tahapan pilkada 2020.

“ Pada prinsipnya, pelaksanaan evaluasi tahapan pilkada kali ini berupa FGD adalah pelaksanaan terakhir oleh KPU Kabupaten Sambas dalam rangkaian pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sambas tahun 2020 yang mana sebelumnya secara internal KPU sudah dilaksanakan evaluasi.”. Ungkap Sudarmi. 

Selain itu dalam momentum FGD yang diselenggarakan ini menjadi momentum dari KPU Kabupaten Sambas untuk mengetahui apa saja kendala dan persoalan yang menjadi perhatian dari eksternal penyelenggara pilkada.

“ Evaluasi kali ini tidak lain bertujuan untuk menerima masukan serta saran perbaikan dimana disetiap pelenyelenggaraan sebaik apapun pasti ada saja kekurangan yang dialami. Maka untuk mencari bahan perbaikan dilakukanlah FGD ini. “ Terang Sudarmi.

Saat diwawancara Ketua KPU Kabupaten Sambas Sudarmi, S.Pd menambahkan bahwa hasil dari Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi pelaksanaan Pilkada tahun 2020 nantinya akan dilaporkan kepada KPU Kalbar dan KPU RI sebagai usulan bahan penyempurnaan regulasi pemilihan mendatang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top