Luncurkan e-Belalek, Bupati Ingin Smart ASN

Semakin kompleknya tugas perangkat Daerah dalam mewujudkan Manajemen Aparatur Sipil Negara yang baik, menuntut perlu adanya koordinasi antar unit kerja. Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Sambas melalui BKPSDMAD meluncurkan pengembangan kompetensi berbasis belalek. Belalek adalah pengembangan PNS yang rancangannya terprogram dan terintegrasi dalam sebuah sistem.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc MH didampingi Sekda Kab Sambas dan Kepala BKPSDMAD, melakukan soft launching pengembangan kompetensi berbasis Belalek itu di aula utama kantor Bupati Sambas, Senin (7/6).

Kepala BKPSDMAD Kabupaten Sambas Fatma Aghitsni, S.TP,M.Si mengatakan bahwa e Belalek merupakan suatu proyek perubahan dari dinas yang di pimpinnya yang diharapkan ini menjadi salah satu ruang belajar bagi para ASN di Kabupaten Sambas yang dihadirkan dalam bentuk manajemen system. Dalam hal ini, fatma mengharapkan kepada seluruh ASN dapat memanfaatkan ruang dan waktu yang telah disediakan untuk menambah kompetensi yang dimiliki ASN. Selain itu, Fatma juga mengharapkan kepada semua pihak yang ingin berkontribusi dalam pengembangan e Belalek untuk dapat menghubungi BKPSDMAD baik itu berupa materi pembelajaran ataupun berupa video pembelajaran.

Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili, Lc, MH menyambut baik akan di luncurkannya Aplikasi E Belalek ini. Dirinya berharap dengan adanya aplikasi ini dapat mewujudkan Smart ASN serta dapat meningkatkan kualitas SDM sesuai dengan perkembangan zaman. “Saya menyambut baik salah satu upaya yang dilakukan oleh BKPSDMAD Kabupaten Sambas melakukan soft launching pengembangan kompetensi berbasis belalek ini, kita berharap model pengembangan ini kedepannya dapat mewujudkan smart ASN di Kab Sambas,” ujar Bupati. 

Dikatakan Bupati, untuk menghadapi perubahan dunia dan revolusi industri 4.0, negara sudah menyiapkan langkah penting. Diantaranya sebut Bupati mewujudkan Smart Aparatur Sipil Negara, yaitu dengan melakukan pengembangan SDM. “Peningkatan kualitas SDM tidak boleh stagnan, namun harus setara dengan perkembangan zaman, atau bahkan melampaui Skill dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjalankan pemerintahan modern di masa mendatang,” tutur Bupati.

Ditegaskan Bupati Sambas, Pemkab Sambas akan selalu berupaya untuk membangun kapasitas ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sambas ke arah Smart ASN. Itu sebut Bupati sebagai upaya menyangga arah tata kelola pemerintahan di Kab Sambas dimasa yang akan datang berada pada jalur yang tepat. “Sebagai pejabat pembina kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kab Sambas, Bupati mendorong perangkat daerah terutama BKPSDMAD agar melakukan inovasi dalam mewujudkan Smart ASN melalui pengembangan SDM,” ungkap Bupati.

Tantangan terbesa saat ini menurut Bupati, pemanfaatan teknologi informasi kedalam seluruh tatanan penyelenggaraan pemerintahan. Lanjut Bupati, termasuk dalam hal pengembangan SDM. “Sudah saatnya mengakomodir Generasi milenial, generasi Y dan Generasi Z untuk bekerja dengan memanfaatkan teknologi informasi agar dimasa depan mereka dapat bergerak lebih cepat lagi,” ingat Bupati.

Hadir juga dalam launching e Belalek, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sambas Lerry Figo sangat mengapresiasi BKPSDMAD yang mana hal ini merupakan suatu inovasi dalam pelayanan public khususnya dalam meningkatkan kapasitas kerja ASN. Dengan adanya Aplikasi ini, Figo berharap kepada seluruh ASN untuk dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Peluncuran Aplikasi E belalek oleh Bupati Sambas ini juga ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama pengembangan Kompetensi berbasis e Belalek di lingkungan Pemerintah Daerah kabupaten Sambas oleh Bupati Sambas, Sekda Sambas, Kepala OPD serta seluruh undangan yang hadir.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top